Wednesday, January 27, 2016

Biografi Mario Teguh - Siapa Mario Teguh?

Mario Teguh
Mario Teguh adalah seorang motivator dan konsultan hebat asal Indonesia. Beliau adalah sosok yang hebat dan juga cerdas. Mario Teguh mulai dikenal sejak membawakan salah satu acara di O Channel yaitu Bussines Art, kemudian namanya semakin dikenal oleh masyrakat Indonesia sejak membawakan acara “Mario Teguh Golden Ways” di stasiun televisi swasta MetroTV. Lewat acara acara tersebut beliau banyak memberikan motivasi yang sangat hebat dan juga bermanfaat.  Salah satu kata yang sering diucapkan oleh beliau yang pasti sudah tidak asing di telinga kita adalah “salam super”.

  • Nama Lengkap : Sis Maryono Teguh
  • Tempat Lahir : Makassar
  • Tanggal Lahir : 5 Maret 1956
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Pekerjaan : Konsultan, Pengusaha, Psikolog, Penulis dan Filsuf
  • Agama : Islam

Mario Teguh lahir di Makasar, 05 Maret 1956 dari pasangan Gozali Teguh (ayah) dan Siti Maria (ibu). Nama asli dari Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh, namun beliau lebih akrab dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Mario Teguh.

Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Pada 28 Januari 1993 Mario Teguh menikah dengan Linna Teguh dan dikaruniai dua anak yaitu Audrey Teguh dan Marco Teguh. 
 
Setelah menamatkan pendidikanya, ia pernah masuk ke beberapa perusahaan perbankan. Pertama kali ia bekerja di perusahaan BIMC sebagai Head of Manager. Kemudian pada tahun 1983 – 1986 menjabat sebagai Head of Sales di Citibank, kemudian di BSB Bank (Bank State Branch) tahun 1986 – 1989 sebagai Manager Bussiness Development, Aspac Bank di tahun 1990 – 1994 dengan kedudukan sebagai Vice President Marketing and Organization Development lalu sebagai Chief Executive Officer (CEO) and Senior Consultant di Exnal Corp dari tahun 1994 hingga kini. 
 
Selain meraih gelar sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Beliau mencatat pernah bersekolah di dalam negeri dan luar negeri.
  • Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.
  • Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (S-1).
  • Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang.
  • Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).
Ia mendirikan perusahaan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp pada tahun 1994. Perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan bisnis. Disana ia mulai menelurkan intisari dari semua perjalanan yang telah ia jalani selama ini. 

Exnal Corp sendiri adalah sebuah perusahaan konsultan di bidang pengembangan kualitas pelayanan dengan spesialiasi pada penyediaan Solusi Keefektifan Bisnis. Pada tahun 2002, Exnal Corp berhasil meluluskan lebih dari 68.000 orang melalui beberapa seminar dan workshop.

Ia mulai aktif menjadi seorang motivator dan mengisi berbagai acara seminar motivasi di berbagai tempat. Mario Teguh mulai dikenal ketika membawakan acara bertajuk Business Art di O Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia ketika ia membawakan acara "Mario Teguh Golden Ways" di Metro TV. Pada saat ini, ia dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.

Dalam karirnya sebagai motivator dan konsultan, salah satu cara yang digunakan oleh Mario Teguh yaitu Emotional Inteligent atau kecerdasan emosi. Ia juga melakukan lebih banyak pendekatan melalui ilmu kejiwaan menurut agama seperti tasawuf dan pengendalian amarah atau yang lebih dikenal dengan istilah Anger Management ketimbang ilmu kejiwaan barat karena menurutnya lebih cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia yang sifatnya plural sehingga lebih mudah diterima oleh semua kalangan.
 
Tidak hanya menjadi seorang motivator dan konsultan, beliau adalah seorang penulis. Beberapa karya buku yang telah ia tulis antara lain.
  • Becoming a Star (2006)
  • One Million Second Chances (2006)
  • Life Changer (2009)
  • Leadership Golden Ways (2009)
Mario Teguh pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2010, ia terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika. Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia pada tahun 2003. Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di Indonesia pada tahun 2010. 
 
Demikian yang dapat saya share tentang Biografi Mario Teguh - Siapa Mario Teguh? dan Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment