Monday, June 27, 2016

Cara mengatasi "A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart"

Cara mengatasi "A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart"


Pernahkah komputer anda mengalami masalah pesan bertuliskan seperti ini: "A disk error occurred. Press ctrl+alt+del to restart" ketika hendak beraktifitas? Ketika anda mengikuti perintah "ctrl+alt+del" tetap saja muncul pesan yang sama dan sama lagi pada pesan berikutnya. Pada awalnya ini merupakan masalah serius bagi anda. Anda tak dapat mengakses mesin anda. Anda pikir ini adalah kesalahan operasi sistem anda. Lalu terlintas dalam benak anda untuk bersusah-payah menginstal ulang sistem operasi berikut aplikasi-aplikasi pada komputer anda. Atau mungkin hardware anda yang bermasalah? 

Saya juga pernah mengalami hal serupa diatas. Saya mencoba googling topik-topik yang berkaitan dengan masalah diatas. Akan tetapi solusi-solusi yang dipaparkan kebanyakan malah membuatku tambah bingung. Anda mesti harus download software ini lah, sofware itu lah. setting ini, setting itu. Menyebalkan! [pada saat itu saya lagi puasa(membayar hutang puasa ramadhan yang lalu saat sakit)]. Saya ikuti petunjuk dari internet dengan cara mencopot hard drive saya ke komputer lain untuk mengecek hard drive saya tersebut. Tapi ternyata data saya dalam hard driveku tersebut baik-baik saya. Saya scan untuk mencari apakah ada virus menginfeksinya, tapi al hasil "0" threat found! Hard drive saya nampaknya baik-baik saja. 

Dari pengalaman saya tersebut, saya merekomendasikan anda agar anda TIDAK MEMPARTISI ULANG hard disk anda. Itu hanya membawa celaka saja bagi anda. Karena sebenarnya tidak ada masalah apa-apa pada operasi sitem anda, hardware anda, tidak. Solusi yang tepat bagi masalah anda diatas adalah sebagai berikut:

1. Buka casing cpu anda;

2. Lepaskan semua kabel konektor yang terhubung dengan hard drive anda yang terinstal operasi sistem;

3. Hubungkan kembali kabel-kabel konektor yang anda lepas tadi pada tempat semula dengan tepat;

4. Hidupkan kembali komputer anda;

5. Komputer anda berjalan mulus kembali seperti sebelumnya; 

6. Masalah teratasi 

7. Karena masalah teratasi, silahkan tutup kembali casing cpu anda agar debu tak bersarang dalam mesin anda, karena debu berpengaruh juga pada komputer anda.

8. Jangan lupa bersyukur;

9. Dan ingat! Jangan pernah takut pada kegagalan. Kegagalan adalah petunjuk jalan keluar suatu masalah. Atau lebih singkatnya "Kegagalan adalah awal keberhasilan yang tertunda".


Demikian tadi merupakan solusi mengatasi masalah pesan "A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart". Saya menghargai orang seperti anda yang mau berusaha. Terima kasih telah berusaha melalui blog ini.

0 comments:

Post a Comment