Wednesday, February 3, 2016

Penyebab Tenggorokan Kering



Tenggorokan Kering
Apabila Anda sedang mengalami rasa sakit di tenggorokan tepat sesudah bangun tidur di pagi hari, maka terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan.

Hal-hal tersebut harus Anda lakukan untuk menyembuhkan gangguan ini. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengetahui apa sebenarnya penyebab terjadinya sakit tenggorokan tersebut. Sehingga ketika Anda sudah sembuh maka Anda tidak akan mengalami masalah yang serupa lagi.

Berikut akan saya share beberapa Penyebab Tenggorokan Kering :

1. Tenggorokan Kering

Kekeringan pada tenggorokan merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Jika tenggorokan kering, maka sesudah bangun tidur tenggorokan Anda akan terasa sakit atau paling tidak terasa tak enak.

Alasan mengapa tenggorokan dapat menjadi kering, padahal tepat sebelum tidur saat malam harinya, tenggorokan Anda tak apa-apa, yaitu karena posisi mulut terbuka ketika Anda sedang tidur. Mungkin Anda tidak menyadarinya, karena otak Anda sedang tidak sadar ketika sedang terlelap. Tidak sedikit orang yang posisi mulutnya terbuka ketika sedang tidur, jadi Anda tak sendiri, jika memang ini yang terjadi pada Anda juga.

Apabila posisi mulut terbuka saat sedang tidur, maka Anda bernafas melalui mulut dan bukan melalui hidung. Kondisi inilah yang menyebabkan tenggorokan kering pada waktu pagi hari ketika Anda baru bangun. Apalagi jika kotoran dan debu ikut terbawa saat bernafas, khususnya ketika lingkungan tempat Anda tidur itu jarang dibersihkan

2. Penyakit Sinusitis

Penyakit yang bisa mengakibatkan sakit tenggorokan waktu bangun di pagi hari adalah penyakit Sinusitis. Penyakit ini mengakibatkan terjadinya iritasi, dan iritasi inilah yang mengakibatkan rasa sakit tersebut. Jika ini penyebabnya, maka Anda harus segera menyembuhkan penyakit Sinusitis tersebut. Ada beberapa metode yang bisa digunakan oleh dokter THT untuk mengobati Sinusitis.

3. Pengaruh cuaca

Selain sinus, ternyata cuaca juga berpengaruh. Jika Anda sebelumnya belum pernah pergi ke tempat berudara dingin, dan tiba-tiba ke tempat seperti itu, Anda akan merasakan tenggorokan yang sakit. Khususnya ketika bangun pagi. Itu karena tempat dengan udara dingin menyebabkan tenggorokan menjadi kering. 

Apalagi suhu pada malam hari akan membuat cuaca semakin dingin, dan resiko tenggorokan menjadi kering akan semakin besar. Hujan deras juga ikut mempengaruhi, karena suhu udara akan semakin dingin. Begitu pula dengan cuaca yang kering, itu mengakibatkan udara menjadi lembab, serta tenggorokan menjadi kering.

Nah, itulah yang dapat saya share dan Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment