
Pemasaran atau marketing adalah suatu
rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya
dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.
Atau definisi marketing yaitu perpaduan
antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat
mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya
kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan
keuntungan. Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang
mana saja karena semua intinya sama.
Marketing memang sangat erat kaitannya
dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah
Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada
beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak
kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun
kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat
dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan
kegiatan marketing.
Dengan adanya marketing para konsumen
tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena dengan
melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat
memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun
jasa.
Bagi perusahaan, marketing memang
merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam
menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi
untuk menghasilkan pemasukan. Semakin besar pemasukan maka perusahaan
akan semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau
kecil maka perusahaan akan mengalami kemunduran.
0 comments:
Post a Comment