Saturday, May 21, 2016

Sekilas Tentang Spirulina Dan Manfaatnya


Spirulina adalah cyanobacteria atau alga alami. Tidak sama seperti alga-alga pada umumnya yang tumbuh di tanah, Spirulina tumbuh dan biasa dibudidayakan di air tawar, air laut ataupun di dalam kolam khusus spirulina. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli 

Spirulina memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Ini karena Spirulina mengandung banyak asam amino, protein dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat spirulina bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker
Kandungan fikosianin pada Spirulina sangat bermanfaat untuk mencegah kanker secara dini. Ini karena fikosianin merupakan zat pigmen untuk anti kanker. Selain itu, Spirulina juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga ini akan dapat menghambat pertumbuhal sel kanker yang berlebih.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah sejenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Jika tidak segera di atasi kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pada arteti sehingga dapat meningkatkan seseorang terkena serangan jantung. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi spirulina setiap harinya untuk menurunkan kolesterol LDL. Selain bermanfaat untuk kesehatan, normalnya kadar kolesterol dalam tubuh sangat berguna dalam menurunkan berat badan.

3. Mengurangi Efek Kemoterapi
Manfaat spirulina selanjutnya adalah mengurangi efek kemoterapi. Seperti yang Anda ketahui seorang pasien yang menjalani efek kemoterapi biasanya akan mengalami hal yang mengganggu seperti sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan turun, tenggorokan kering, susah tidur dan merasa cemas. Untuk meminimalisir efek tersebut Anda dapat mengonsumsi spirulina setiap harinya.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas
Seperti yang Anda ketahui spirulina juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas seseorang. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat maka seseorang tersebut dapat melindungi seseorang dari berbagai macam penyakit. Selain itu, spirulina juga berguna untuk mengatasi penyakit kronis serta membantu proses penyembuhannya.

5. Mengatasi Anemia
Manfaat spirulina bagi kesehatan selanjutnya adalah mengatasi anemi. Spirulina kaya akan zat besi sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia. Tak hanya itu saja, spirulina juga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang baru, menstabilkan sel darah merah, sel darah putih dan juga Hb (hemoglobin) dalam tubuh. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi spirulina karena kandungan zat besi yang tinggi dapat mencegah penyakit anemia yang biasa diderita oleh ibu hamil.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang ideal salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi spirulina. Kandungan asam lemak GLA, beta karoten dan klorofil bermanfaat untuk seseorang yang memiliki berat badan berlebih.

Demikian yang dapat saya share dan semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment