Sunday, June 19, 2016

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan 64 Bit

Di dalam dunia komputer terdapat istilah yang mungkin sering kita dengar yaitu sistem 32 bit dan 64 bit. Namun, apakah kamu tahu perbedaannya? Mana yang sebaiknya di pakai pada komputer atau laptop kamu? Jika kamu belum tahu perbedaannya, saya akan menjelaskan beberapa perbedaan mendasarnya.

Istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada cara komputer prosesor menangani informasi. 64 bit versi Windows menangani sejumlah besar RAM lebih efektif daripada sistem 32 bit. Pada dasarnya, OS 64 bit jauh lebih unggul dibandingkan dengan OS 32 bit. Jadi, secara sederhana perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor pada saat tertentu.

Sedangkan kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, di mana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32 bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Untuk menginstal OS versi 64 bit, kamu harus mempunyai CPU yang mampu menjalankan Windows versi 64 bit. Manfaat menggunakan 64 bit OS paling jelas ketika kamu mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer kamu (biasanya 4 GB atau lebih) karena OS 64 bit dapat memanfaatkan sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada OS 32 bit. OS 64 bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32 bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4 GB dan ini biasanya dibatasi 2 GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64 bit dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64 bit juga mampu menangani tugas hingga 2x lipat.

Sebelumnya, mustahil setiap program memerlukan lebih dari 2 GB memory. namun, beberapa video game kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64 bit menjadi sangat populer. Windows edisi 64 bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32 bit melalui modus kompatibitas khusus. Namun hasilnya bisa sangat bervarisasi. Menggunakan OS 64 bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan sebagian kecil software untuk mengkoordinasi setiap hardware dengan OS.

Kesimpulannya, jika kamu hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik memakai OS 32 bit saja, terutama notebook yang rata-rata hanya memiliki 2 slot memory yang 1 slot hanya terdiri maks 2 GB saja. Untuk driver biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32 bit saja.

Jika komputer kamu memiliki RAM di atas 4 GB, silahkan memakai OS 64 bit, dengan catatan kamu tidak dapat menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. OS 64 bit hanya berguna untuk bekerja berat, seperti merender 3 Ds Max, pokoknya yang berat-berat.

Oh yaah...numpang promo ni teman...salah satu perusahaan terbaik di Surabaya dalam bidang jasa rental/penyewaan komputer/laptop, proyektor, screen, dan TV PlasmaPT Karunia Mandiri Consultant – melayani teman-teman semua yang akan mengadakan acara resmi seperti halnya seminar, workshop, dan presentasi. Produk yang kami tawarkan berkualitas lho...jadi teman-teman jangan khawatir jika bekerja sama dengan perusahaan kami....
Uda yah, sampai disini dulu, terima kasih sudah mengunjungi blok kami...

0 comments:

Post a Comment