Monday, July 25, 2016

Trik Mengantisipasi Noise Pada Gitar

Guitar System
Kali ini saya akan membahas secara terperinci bagaimana trik mengantisipasi noise pada gitar. Pada umumnya banyak diantara para guitaris khususnya pemula yang mengeluh tentang nioise atau fedback pada gitar listrik, apalagi bagi para gitaris yang begitu mempedulikan sound nya, hal ini dirasakan sangat mengganggu terlebih bila berada diatas panggung ataupun di studio tempat berlatih.

Cara mengatasi noise tersebut adalah yang terlebih dahulu kamu harus mengetahui darimana asal suara itu seperti misalnya dari pickups, amflifier, efek frsesor bahkan dari kabel. 

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan :

1.CEK SOUND Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cek sound terlebih dahuludipanggung atau distudio.dari sini anda bisa ambil antisipasi untuk mengatasinya.pertama kali pasang gitar kesayangan anda pada amflifier dan assesorisnya,bila sudah tutup volume gitar kesayangan mu tersebut sampai nol,bila noise hilang gitar kamulah penyebabnya.tapi bila masih ada maka penyebabnya adalah amflifier mu.

2.CEK PICKUPS Noise dari pickup bisa terjadi karena kebocoran komponen dari pickups kamu,kebocoran ini bisa disebabkan dekat dengan peralatan listrik lain seperti amflifiers, computer, magnet, dan lainynya. 

Noise yang berasal dari pickups tersebut adalah berupa suara dengung, cobalah untuk merawat pickups mu dengan cara menjaganya dari sumber listrik lainynya, dan gantilah pickups dengan kualitas yang lebih baik bilamana diperlukan.pickups ynag sering menyebabkan noise adalah pickups yang berjenis single coil type kelas kambing alias murahan, cobalah menggantinya dengan yang type hambucker karena jenis ini mampu meredam noise seminimal mungkin.

3.CEK AMFLIFIERS 
Bila noise berasal dari amflifiers, cobalah untuk meminimaliskan noise tersebut dengan cara mengurangi treble dan master volume dikontrol panel amflifiers kamu.

Untuk hasil yang maksimal pakailah efek "noise supresor" efek ini memang dirancang untuk meminimalisasikan noise pada amflifiers, jika kamu sudah mempunyai digital effects, fitur noise suppresor biasanya sudah di tanamkan didalamnya.

4.NOISE DARI EFEK PROSESSOR 
Cobalah untuk menyetel volume efek kamu jangan sampai pada titik ahir,karena ini hanya akan menghasilkan noise yang berlebihan.lalu pada reverbnya minimalkan sekecil mungkin bibla berda distudio, karena fungsinya cenderung diruang tertutup dan hanya akan menimbulkan suara desis saja, kecuali kamu sedang menggunakanya di riuangan yang terbuka fungsi reverb ini bisa kamu maksimalkan. yang lebih penting lagi tapi hal ini sering tidak terpikirkan oleh kita adalah kabel.

Kabel bisa menimbulkan noise pada gitar bila tidak dirawat dengan baik.untuk memastikan baik atau tidaknya kabel yang harus dilakukan adalah cabutlah terlebih dahulu jack kabel pada gitar, lalu sentuh ujungnya bila menimbulkan suara desis bisa dipastikan kabel itu bermasalah, cobalah untuk menggantinya.panjang dan banyaknya kabel juga bisa menimbulkan noise, untuk itu perlu dicermati dalam membeli kabel gitar yang berkualitas baik.  

Nah, itulah yang dapat saya share tentang Trik Mengantisipasi Noise Pada Gitar dan Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment