Sunday, July 24, 2016

Wanita yang sedang tidur
Tidur berlebihan yang berkelanjutan dapat menjadi indikasi adanya masalah medis. Umumnya, tidaklah normal merasa tetap lelah setelah Anda tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam.

Meskipun terdapat kemungkinan penyebab medis, terlalu banyak tidur juga bisa dipicu oleh faktor lain seperti kebiasaan dan lingkungan.

Berikut beberapa penyebab tidur berlebihan pada seseorang :

1. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan dapat memicu tidur berlebihan. Tidur di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin berpotensi menyebabkan kegelisahan sepanjang malam.

Gelisah waktu tidur dan sering terbangun menghasilkan kualitas tidur yang buruk. Itu sebab, penting Anda memiliki waktu tidur yang baik dan tanpa gangguan.

Tempat tidur yang tidak nyaman juga membuat Anda sering mengubah posisi sepanjang malam sehingga mengurangi kualitas tidur.

2. Kebiasaan
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman yang mengandung kafein sebelum tidur membuat Anda kesulitan tertidur lelap.
Kafein adalah stimulan yang mempercepat sistem tubuh dan menghambat produksi alami agen adenosin saat tidur. Adenosin membantu tubuh agar tidur nyenyak.

3. Faktor Medis
Tidur berlebihan adalah salah satu gejala diabetes. Insulin merupakan hormon yang bertugas mengontrol gula darah. Ketika gula darah normal, insulin akan diubah menjadi energi dalam sel darah.

Kelelahan terjadi ketika gula darah tidak efektif masuk ke dalam sel darah sehingga tidak sepenuhnya diubah menjadi energi.

Penyakit jantung merupakan faktor medis lain untuk tidur berlebihan. Jantung mengatur aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah, berbagai organ tubuh  tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga tubuh menjadi lemah dan lelah.

4. Stres
Stres bisa menjadi penyebab signifikan tidur berlebihan. Ketika tubuh Anda berada di bawah tekanan stres, timbul kelebihan adrenalin.

Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Ketika detak jantung meningkat, Anda tidak dapat mencapai keadaan istirahat normal yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

5. Gangguan Tidur
Sleep apnea merupakan penyebab utama tidur berlebihan dan merasa lelah di siang hari. Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana jalan napas tersumbat, menyebabkan terhentinya napas dan juga menyebabkan Anda sering bangun sepanjang malam. Pasien dengan sleep apnea akan mengalami kesulitan tidur nyenyak dan merasa selalu lelah.

Demikian yang dapat saya share tentang Penyebab Tidur Berlebihan dan Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment